Menggunakan Tag Heading Pakai Trik Para Master

Saya hanya ingin mencoba menulis apa yang sekiranya pernah saya lakukan di blog saya. Selama saya merasa efeknya cukup bagus untuk blog, tidak ada salahnya jika kemudian saya menuangkannya dalam sebuah tulisan. Jika nanti ada kekurangan dan mungkin menjurus pada sebuah kesalahan itu sangatlah wajar karena masih dalam tahap belajar.

Dalam hal penggunaan tag heading saya pakai triknya Mas Doyok yakni postingannya yang berjudul Manipulasi Tag Heading Untuk Judul Postingan dan Judul Blog, atau bisa juga anda langsung membaca artikel yang disini. Trik ini aslinya milik Master Choen tapi dengan rendah hati Mas Doyok mempostingnya kembali agar kita lebih mudah menemukannya.

Sudah lama saya membaca trik ini di blognya Mas Doyok, tapi belum sempat memakainya. Tapi belakangan saya merasa perlu untuk memakainya karena setelah saya cek di Page Title and Header 1 Checker hasilnya cukup memuaskan. Apalagi kalau kita menggunakan tag heading pakai trik para master tentunya lebih meyakinkan.
Gambar 1.

Gambar 2.

Gambar diatas menunjukkan duplikat tag h1 sudah bisa dihindari dan tentu pengaruhnya baik untuk SEO, begitu kata para master🙂.

Anda juga bisa mengecek blog anda dan jika masih terjadi duplikat segeralah diperbaiki, mungkin akan tampak seperti tampilan gambar berikut:
Gambar 3.

Atau seperti ini:
Gambar 4.

Menurut saya solusi yang paling tepat adalah menggunakan trik tadi, dan setelah anda mengutak-atik blog pakai trik ini masih ada satu yang mungkin harus anda perbaiki, yaitu di bagian homepage contohnya digambar no 4, ada kesamaan antara judul blog dan tag h1. bisa disiasati dengan cara seperti ini:

Login ke akun Blogger anda: klik Rancangan – Edit HTML, centang Expand Template Widget dan cari kode ini,

<h1 class='title'>
<b:include name='title'/>
</h1>

Kode yang dibaris kedua

<b:include name='title'/>

ganti dengan kata-kata yang bisa mewakili isi blog anda atau bisa juga dengan penggalan judul blog, kalau misalnya judul blog KEJUARAAN DUNIA MOTOGP untuk tag h1 anda bisa pakai MOTOGP jadi akan seperti ini:

<h1 class='title'>
MOTOGP
</h1>

setelah itu save template dan cek kembali blog anda.

Tambahan:
Jika di halaman posting juga terjadi kesamaan, maka yang harus anda perbaharui adalah meta tag, tambahkan judul blog setelah judul posting.